✳ Selamat Datang ---- Wilujêng Rawúh ---- Welcome ---- Bienvenue ---- Добро ---- Karşılama ---- 欢迎光临 ---- 환영 ---- ようこそ ---- ยินดีต้อนรับ ---- वेलकम ---- أهلا وسهلا ✳

Selasa, November 08, 2011

Kota-Kota Cantik Di Indonesia



Siapa bilang kalau kota-kota di Indonesia itu jorok, kumuh-kumuh, gak modern, de-el-el. Haha, itu kuno ! Ternyata, banyak kota-kota cantik di negeri kita, yang sejajar dengan keindahan kota-kota lainnya di dunia, bahkan memiliki ciri khas unik tersendiri. Inilah kota-kota cantik di Indonesia versi infobimo.blogspot.com yang siap memukau dunia.

1). Jakarta (D.K.I. Jakarta)

Bundaran Hotel Indonesia

Jakarta, ibukota Indonesia. Kota megapolitan yang sangat menarik pendatang. Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 9.588.198 jiwa (2010). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan ke enam dunia, serta merupakan Kota Sekertarian ASEAN. Jakarta terdaftar sebagai global city dalam peringkat survei menurut 2008 Globalization and World Cities Study Group and Network (GaWC).

2). Surabaya (Jawa Timur)
Pusat Bisnis (CBD) Tunjungan
 vf
Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur. Surabaya merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya dan akhirnya menjadi kota Surabaya.
vbnvndgndg
3). Batu (Jawa Timur) 
rgrg
Alun-alun Kota Batu
rgrg 
Batu, kota pariwisata andalan Jawa Timur. Kota yang berjuluk Kota Apel ini juga pernah dijuluki sebagai Little Switzerland di Pulau Jawa serta kawasan wisata pegunungan yang sejuk. Di obyek wisata Songgoriti terdapat Candi Songgokerto dan patung Ganesha peninggalan Kerajaan Singosari (Tumapel) serta tempat peristirahatan yang dibangun sejak zaman Belanda.
vbnvndgndg
4). Bandung (Jawa Barat)
vbnvndgndg
Gedung Sate
.
Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ke empat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sedangkan wilayah Bandung Raya merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek. Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, dan dahulunya disebut juga dengan Paris van Java. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.
vbnvndgndg

5). Surakarta (Jawa Tengah) 
vbnvndgndg
Bus Tingkat Werkudara melintas di depan Pasar Gedhe Hardjonagoro
.
Surakarta, atau biasa dikenal dengan sebutan Solo, merupakan kota jantung budaya Jawa. Kehidupan tradisional Jawa yang masih sangat kental mewarnai atmosfir Solo. Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran masih berdiri kokoh menopang sendi budaya Jawa yang agung. Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Surakarta merupakan pewaris Kerajaan Mataram yang dipecah pada tahun 1755.

6). Yogyakarta (D.I. Yogyakarta)

Kantor Pos Besar dan Bank Indonesia Yogyakarta

Yogyakarta, kota budaya, kota pelajar, kota pariwisata. Kota Yogyakarta adalah salah satu kota besar di Pulau Jawa yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekaligus tempat kedudukan bagi Sultan Ngayogyakarta dan Adipati Pakualaman. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara 1575-1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman, yang merupakan pecahan dari Mataram.
Mataram.
7). Ubud (Bali)
Mataram.
Puri Agung Ubud
kjh
Ubud adalah sebuah tempat peristirahatan di daerah Kabupaten Gianyar, Bali. Ubud terutama terkenal di antara para wisatawan mancanegara karena lokasi ini terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. Sudah sejak tahun 1930-an, Ubud terkenal di antara wisatawan barat. Kala itu pelukis Jerman; Walter Spies dan pelukis Belanda; Rudolf Bonnet menetap di sana. Mereka dibantu oleh Cokorda Gede Agung Sukawati, dari Puri Agung Ubud. Sekarang karya mereka bisa dilihat di Museum Puri Lukisan, Ubud.
Mataram.
8). Pekanbaru (Riau)
Mataram.
Masjid Raya An Nur

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia. Kota Pekanbaru merupakan kota jasa dan kota budaya. Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu pelabuhan Pelita Pantai dan Pelabuhan Sungai Duku, merupakan pintu gerbang kota Pekanbaru.
Perkembangan perekonomian kota ini sangat dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan minyak, pabrik pulp dan kertas serta penambahan lahan perkebunan kelapa sawit beserta pabrik pengolahannya.
Mataram.
9). Batam (Kepulauan Riau)
Mataram.
Kota Batam di malam hari
ggdhdg
Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang, dengan jumlah penduduk mencapai 1.081.527 jiwa. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an awal kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 170 kali. 
 lipat..
10). Bukittinggi (Sumatera Barat)
uou
Lapangan Jam Gadang
Mataram.
Kota Bukittinggi adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini pernah menjadi ibu kota negara Indonesia pada masa PDRI. Bukittinggi sebelumnya disebut dengan Fort de Kock dan dahulunya pernah dijuluki sebagai Parijs van Sumatra. Kota ini merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia, antara lain adalah Proklamator RI Bung Hatta dan Presiden PDRI, Mr. Assaat.

Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk, dan bersaudara (sister city) dengan Seremban di Negeri Sembilan, Malaysia. Tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah Jam Gadang, yaitu sebuah jam besar mirip Big Ben yang terletak di jantung kota.

 gdgh
11). Palembang (Sumatera Selatan)
Mataram.

Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera
jhj
Kota Palembang adalah salah satu kota dan juga merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Terletak di tepian Sungai Musi, Palembang merupakan bekas ibukota Kerajaan Sriwijaya. Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East, berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 682 Masehi, kemudian hari dijadikan patokan hari lahir Kota Palembang. Kota Palembang merupakan kota metropolitan terbersih se-Indonesia.
Mataram.
12). Balikpapan (Kalimantan Timur)
Mataram.
Kawasan pelabuhan dan kilang minyak Pertamina
.
Kota Balikpapan adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota cantik ini memiliki luas wilayah 503,3 km² (⅔ luas Jakarta) dan berpenduduk sebanyak 559.126 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Kota adipura ini juga terkenal dengan tata ruang yang rapi dan kebersihan wilayahnya. Logo dari kota yang sering dijuluki Kota Minyak (Banua Patra) atau Bumi Manuntung ini adalah Beruang madu, binatang khas kota Balikpapan yang sekarang sudah mulai diambang kepunahan. Kini, semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi kota ini membuatnya menjadi kota paling maju dan makmur di wilayah Kalimantan.
Mataram.
13). Tenggarong (Kalimantan Timur)
Mataram.

Sungai Mahakam dengan latar belakang Jembatan Kartanegara
 nb
Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kota pariwisata ini dikenal dengan julukan Kota Raja, karena masih berjalannya kedudukan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang berpusat di kota ini. Kota ini didirikan pada tanggal 28 September 1782 oleh Raja Kutai Kartanegara ke-15, Aji Muhammad Muslihuddin, yang dikenal pula dengan nama Aji Imbut. Semula kota ini bernama Tepian Pandan ketika Aji Imbut memindahkan ibukota kerajaan dari Pemarangan. Oleh Sultan Kutai, nama Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang berarti rumah raja. Namun pada perkembangannya, Tangga Arung lebih populer dengan sebutan "Tenggarong" hingga saat ini.
Mataram.
14). Makassar (Sulawesi Selatan)
Mataram.
Anjungan Pantai Losari
 
Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan kota terbesar di Sulawesi. Selain sebagai kota industri, Makassar juga merupakan kota tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, dengan Trans Studio dan Pantai Losari sebagai andalannya
. Kota ini tergolong besar dengan berbagai suku bangsa yang tinggal di kota ini. Di kota ini ada suku Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Makanan khas Makassar adalah Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori', Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro. Makassar memiliki wilayah seluas 128,18 km² dan penduduk sebesar kurang lebih 1,25 juta jiwa.
vbnvndgndg
15). Manado (Sulawesi Utara)
vbnvndgndg
Kawasan pesisir pantai Teluk Manado
vbnvndgndg

Kota Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Motto Sulawesi Utara adalah Si Tou Timou Tumou Tou, sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi, yang berarti: "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" atau "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain". Kota pariwisata ini berada di tepi pantai Laut Sulawesi persisnya di Teluk Manado. Taman Nasional Bunaken terletak tidak jauh dari pantai Kota Manado.
vbnvndgndg
16). Ambon (Maluku)
fgfh
Tugu Pattimura
.
Kota Ambon adalah kota dan sekaligus ibu kota Provinsi Maluku, Indonesia. Kota ini dikenal juga dengan nama Ambon Manise, merupakan kota terbesar di Kkepulauan Maluku. Saat ini kota Ambon menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di provinsi Maluku. Kota ini juga sedang tumbuh menjadi pintu gerbang regional Indonesia Timur. Beberapa landmark kota ini yang terkenal antara lain Monumen Gong Perdamaian Dunia, Lapangan Merdeka, dan Tugu Pattimura.
vbnvndgndg
17). Timika (Papua)
vbnvndgndg
Kota Terpadu Kuala Kencana
.
Timika, merupakan kota tambang yang cantik, merupakan ibu kota Kabupaten Mimika, Papua. Nama Timika atau Mimika juga sangat populer, lantaran di wilayah pegunungan Papua ini beroperasi salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia asal Amerika Serikat, yakni Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. Berdasarkan sejumlah data resmi, Mimika tergolong kabupaten yang cukup beruntung. Bahkan, Mimika termasuk kabupetan yang makmur dibandingkan puluhan atau ratusan kabupaten atau kota lainnya di Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Kabupaten Mimika membukukan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita tertinggi kedua di Indonesia, setelah Bontang di Kalimantan Timur. PDB per kapita Mimika Rp 295,05 juta per tahun. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan PDB per kapita nasional, Rp 24 juta per tahun. 


geger

0 Komentar:

Poskan Komentar

SRISUDEWA. Diberdayakan oleh Blogger.